Pemanfaatan Artificial Intelegences dalamPembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru
Keywords:
Guru, Artificial Intellegence, Pembelajaran Jarak Jauh, TeknologiAbstract
Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digunakan oleh guru-guru pasca pandemi Covid-19 semakin masif. Fokus utama penelitian menganalisis berbagai bentuk implementasi AI seperti sistem pembelajaran adaptif, chatbot pendidikan, dan alat penilaian otomatis yang dapat membantu guru dalam mengelola kelas virtual secara lebih efektif dan efisien. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap guru dari berbagai jenjang pendidikan yang telah menerapkan teknologi AI dalam PJJ mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan AI dapat membantu guru dalam berbagai aspek seperti personalisasi pembelajaran, pemantauan kemajuan siswa secara real-time, dan otomatisasi tugas-tugas administratif, sehingga guru dapat lebih fokus pada aspek pedagogis dan pengembangan konten pembelajaran yang berkualitas. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam hal adaptasi dan literasi digital, mayoritas guru melaporkan peningkatan signifikan dalam efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa setelah mengintegrasikan teknologi AI dalam PJJ. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan dan pembuat kebijakan mengenai strategi implementasi AI dalam sistem pembelajaran jarak jauh, serta pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru dalam memanfaatkan teknologi AI untuk pendidikan.




